Cara Mempercepat Smartphone

 

Cara Mempercepat Smartphone . Memiliki smartphone yang lemot memang suatu hal yang sangat menjengkelkan guys, walaupun smartphone tersebut terbilang kelas flagship tapi kalo lemot rasanya pengen banting tuh smartphone (tapi kalo gue enggak).


Bagi kalian yang udah gk betah bersanding dengan smartphone yang lemot mungkin langsung jual dan ganti yang baru (orang kaya), tapi bagi kalian yang masih betah dan bertahan dengan tuh smartphone pasti rambut kalian udah pada rontok (setres)

Tapi bagi kalian yang memiliki ide untuk mempercepat smartphone kalian, kalian adalah orang orang yang pintar. pasalnya, setiap akibat pasti ada sebabnya, begitupun dengan smartphone yang lemot. maka dari itu saya akan membantu kalian dengan tips berikut ini.

1. Perbaharui Sistem Operasi



Pastikan sistem operasi smartphone kamu adalah yang terbaru, karena dengan memperbaharui sistem operasi berarti banyak bugs yang telah di perbaiki, Logikanya, jika setiap ada pembaruan tentu ada perbaikan yang sebelumnya terlewatkan oleh para developer.

Dan smartphone kamu pun akan lebih stabil, lebih cepat dan perbaikan pada koneksi jaringan, manajemen RAM pun juga akan lebih baik dari versi sebelumnya, dan optimalisasi hardware tentu juga akan bisa lebih baik lagi.

2. Hapus Atau Nonaktifkan Aplikasi


Aplikasi yang kamu install tentunya akan memakan memori dan RAM smartphone kamu yang bisa membuat smartphone jadi lemot.

karena itu hapuslah aplikasi yang di rasa tidak di butuhkan, atau nonaktifkan saja sementara aplikasi yang sedang tidak di butuhkan.

dan perlu kita ketahui juga, jika adanya aplikasi bawaan smartphone juga cukup memakan ruang smartphone kamu, tapi sayangnya kamu tidak bisa menghapus aplikasi tersebut secara langsung.

Karena smartphone kamu harus di root terlebih dahulu, dan gunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus paksa aplikasi tersebut.

3. Hapus Chache



Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android.
Keberadaan cache di smartphone ini akan terus bertambah, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian yang akan membuat smartphone kamu menjadi lemot. 

Pergilah ke Settings > Apps > dan geser ke tab All, disini kamu akan menemukan semua aplikasi baik itu yang kamu install maupun aplikasi bawaan sistem, pilihlah aplikasi yang kamu inginkan.

Namun jika kamu ingin menghapus Cache secara menyeluruh tanpa harus memilih satau satu aplikasi tersebut maka pergilah ke Settings > Storage > Cached Data ketuk OK untuk menghapusnya.

4. Nonaktifkan Auto Sync



Walapun sinkronisasi sangat membantu kita dalam mendapatkan pemberitahuan dari beberapa aplikasi seperti BBM, Facebook, Email, dan aplikasi lainnya.

Namun, sinkron pun dapat memerlambat kinerja smartphone. Menonaktifkan atau menguranginya bisa menambah performa smartphone kamu. 

Pergilah ke settings lalu geser kebawah hingga kamu menemukan tab Account. Disana kamu akan melihat daftar aplikasi yang membutuhkan sinkron. Pilihlah atau nonaktifkan semuanya.

5. Nonaktifkan Aplikasi Latar Belakang



Beberapa aplikasi secara otomatis start up saat ponsel dihidupkan, sementara yang lain terus-menerus synch dengan layanan online. 

Keduanya dapat secara signifikan memperlambat kinerja smartphone kamu. 
Untuk memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu harus mengunjungi bagian manager aplikasi, dan geser ke tab "berjalan". 

Jika ada aplikasi yang berjalan di latar belakang yang sedang tidak digunakan, kamu harus mencoba menguninstall aplikasi atau menonaktifkannya jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus.

6. Nonaktifkan Live Wallpaper



Live wallpaper dan widget yang terlalu banyak juga dapat memperlambat kinerja smartphone kamu, 
dan jika kamu mengalami masalah performa, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan wallpaper statis dan menghapus widget yang tidak terlalu penting agar kinerja smartphone kamu bisa lebih stabil dan maksimal.

7. Nonaktifkan Efek Animasi



Kamu dapat mempercepat android yang lemot dengan cara mematikan efek animasi.Untuk melakukannya. Pergilah ke Settings > Systems > About Phone > Build Number, 

jika kamu sudah menemukannya maka ketuklah hingga 7 kali hingga muncul pesan bahwa kamu sudah menjadi seorang developer.

Jika sudah, kembali ke Settings dan lihatlah pada bagian Systems, disana kamu akan melihat Developer Options / Opsi Pengembang. 

Masuk kedalamnya dan pergi menuju Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator animation scale.

Silahkan kamu atur dengan selera kamu. Jika kamu tidak mengerti atau tidak ingin mengganti apapun, silahkan ketuk tombol back.

8. Root dan Overclock



Root dan Overclock bisa menambah kinerja samrtphone kamu, karena kita dapat dengan mudah menaikan atau menurunkan kinerja CPU smartphone, dan aplikasi dapat berjalan lebih cepat, dan game berjalan dengan mulus.

Tapi tentu ada kekurangannya, karena smartphone kamu bisa jadi panas karena CPU berjalan lebih keras. Dan pastinya membuat baterai smartphone kamu lebih boros.

9. Factory Reset



Jika tips tips di atas masih belum bisa membuat kinerja smartphone kamu jadi cepat, maka ini adalah cara terakhir sebelum root dan overclock.

Tapi perlu di ingat jika melakukan factory reset maka seluruh data pada smartphone kamu akan hilang, maka di sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu.


Demikian lah Cara Mempercepat Smartphone, semoga bermanfaat dan smartphone kamu bisa ngebut lagi. 

Terima Kasih sudah Berkunjung,

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments